AdaBerita24.com, Medan. •Dua Pekan jelang memasuki Bulan Ramadhan 1445 Hijriah dan Pasca pembagian Bansos yang sangat membludak sebelum Pemilu kemarin, kurang stabilnya harga pangan, khususnya cabai dan bawang merah di Provinsi Sumatera Utara, tanpa disadari membuat rakyat semakin menderita.

Pasalnya program pembagian bansos tersebut tidak mampu mensejahterakan bahkan kesannya dipaksakan dan membuat masyarakat semakin malas serta terlalu berharap agar dapat bantuan terus dari Pemerintah, padahal itu merupakan bagian daripada Politik yang muncul dan telah viral di berbagai media sosial, pada Selasa Sore.(27/2/24)

Saat awak media yang bertugas mengecek langsung ke lapangan sembari mewawancarai seorang ibu yang terlihat sedang berbelanja di pasar dikatakannya, “Harga beras naiknya Rp.2.000 hingga Rp.2.500 per kilogramnya, kemaren harga beras merk Anggur masih Rp.15.000, kini sudah Rp.17.000 per kilogram, jadi kami paling bisa beli yang eceran saja, 2 atau 3 kilogram”, keluh ibu tersebut.

Ia pun berharap harga beras tidak semakin melonjak mendekati dan saat bulan puasa nanti.
Sementara itu, salah satu penjual beras di Pasar Petisah Kota Medan, mengatakan semua jenis beras baik beras lokal maupun beras Jawa semua mengalami kenaikan saat ini.

Dengan demikian dalam program ketahanan pangan ini, Kapoldasu Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi bersama pihak yang terkait dalam hal ini Dinas Pertanian, Koperasi dan lainnya agar dapat menggandeng petani lokal menjadi mitra.

Sebabnya dalam urusan permodalan serta pemasaran masih banyak persoalan, salah satunya setelah panen mereka harus dipaksa menjualnya dengan harga yang sangat murah oleh para tengkulak namun sampai di pasar sudah sangatlah tinggi.

Untuk mencegah spekulasi harga pangan yang sangatlah tinggi, diharapkan Bapak Kapolda Sumut Irjen Agung Setya Imam Effendi dan semua pihak harus bersinergis.
Dimana daerah yang kekurangan bahan pokok tertentu, harus betul-betul disupport daerah lain sehingga tidak ada inflasi yang berlebihan.

Dimana diharapkan dibawah Kepemimpinan Kapolda Sumut Irjen Agung Setya Imam Effendi yang juga selaku Ketua Ketahanan Pangan Provinsi Sumatera Utara, diharapkan pula agar dapat selalu memantau serta menstabilkan harga bahan pangan di Provinsi Sumatera Utara terkhusus Kota Medan yang sudah melambung tinggi.(Red/Rl)

Berita Terkait