AdaBerita24.com, Jatim. – Kontingen Jawa Timur mendulang medali emas dan perak pertama dari cabang renang pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Medali emas disumbangkan melalui atlet putri, yakni Izzy Dwifaiva Hefrisyanthi dan Adinda Larasati Dewi Kirana.
Dalam babak final di Kolam Renang Selayang Medan, Sabtu (14/9/2024) sore, Izzy Dwifaiva Hefrisyanthi yang tampil di nomor 400 meter gaya bebas putri berhasil mencatat waktu tercepat 4 menit 23.17 detik.

Sedangkan perenang Jatim lainnya Adinda Larasati Dewi Kirana berhak dengan medali perak setelah mencatatkan waktu 4 menit 26.17 detik. Medali perunggu di nomor yang sama direbut Serenina Karmelita dari DKI Jakarta yang menyelesaikan lomba dengan catatan waktu 4 menit 28.02 detik.

Torehan satu emas dan perak juga disaksikan Pejabat (Pj) Gubernur Jatim, Adhy Karyono sekaligus didaulat memimpin upacara penyerahan medali. Kepada wartawan, Adhy turut merasa bangga dan mengapresiasi kedua atlet yang telah mempersembahkan satu medali emas dan satu perak.

“Saya turut merasa bangga akhirnya medali emas dan medali perak pertama berhasil diraih dua atlet renang Jawa Timur,” ucapnya.
Menurut Adhy, keberhasilan kontingen Jatim di nomor 400 meter gaya bebas putri tersebut tidak terlepas dari program pembinaan atlet yang selama ini berjalan baik.

Sementara, total cabang olahraga akuatik disiplin renang memperebutkan 38 medali emas dan akan berlangsung hingga Kamis (19/9/2024).

Setiap harinya, perlombaan renang akan dimulai dengan babak penyisihan mulai pukul 09.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan final pada pukul 17:00 WIB. (Fj/JH)

Berita Terkait