AdaBerita24.com, Medan. –Semenjak diamanahkan menjadi Pelaksana Tugas Direksi Perumda Tirtanadi, trio plt direksi ini terus berupaya meningkatkan pelayanan prima kepada pelanggan airnya. Permasalahan yang timbul terkait dengan pelanggannya terus diupayakan secepat mungkin diselesaikan. TRIO PLT yang terdiri dari Plt. Direktur Utama Ewin Putra, Plt. Direktur Air Limbah Salman Farizi dan Plt Direktur Administrasi dan Keuangan Sahrim Siregar yang merupakan kader-kader asli pegawai Perumda Tirtanadi.

Berdasarkan pengamatan Komunitas Pelanggan Air Tirtanadi (KOMPATIR) suatu komunitas yang berbadan hukum, dimana selama ini selalu menjembatani permasalahan keluhan pelanggan air kepada manajemen, melihat ada beberapa permasalahan telah diselesaikan oleh TRIO ini, seperti pendistribusian air ke pelanggan, penanganan air limbah dalam program ramah lingkungan, pemangkasan birokrasi yang tidak efektif dan efisien, sehingga pelayanan mendapatkan kemudahan dalam berurusan dengan Perumda Tirtanadi.

Untuk pendistribusian air kepelanggan, kawasan-kawasan yang semula kesulitan air mendapatkan distribusi air seperti di kawasan cabang Diski, Tuasan, M. Yamin dan Sei Agul serta Cabang Padang Bulan saat ini sudah bisa teratasi walaupun belum maksimal karena masih adanya ketergantungan dengan faktor alam, ini semua berkat kerja keras dan tanpa kenal waktu dari Tim Divisi Transmisi / Distribusi yang bersinergi dengan Tim Divisi Penanggulangan Kehilangan Air (PKA), bagian jaringan cabang-cabang terkait serta Tim Instalasi Pengolahan Air Perumda Tirtanadi yang langsung dimonitor oleh Plt. Direktur Utama Ewin Putra, bahkan langsung turun ke lapangan.

Sementara itu Direktorat Air Limbah Perumda Tirtanadi yang dipimpin Plt. Direktur Air Limbah Salman Farizi saat ini fokus meningkatkan kualitas lingkungan dengan memberikan pelayanan pengumpulan dan penyaluran air limbah melalui system perpipaan dan non perpipaan dalam rangka untuk mencapai kesejahteraan masyarakat pada umumnya, salah satunya dengan Program Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (L2T2).

Beberapa permasalahan birokrasi yang tidak efiktif dan efisiensi telah dipangkas jalurnya oleh Plt. Direktur Administrasi dan Keuangan Sahrim Siregar, sehingga pelayanan kepada pelanggan air Perumda Tirtanadi maupun masyarakat umumnya semakin dipermudah. Untuk pengaduan dan laporan dari pelanggan air dibuka 24 jam serta pembayaran rekening air juga dipermudah karena semakin banyak tempat-tempat pembayaran rekening air. Di internal Perumda Tirtanadi sendiri kinerja pegawai juga semakin mudah dengan adanya E Letter yang membuat proses surat menyurat semakin baik dan lancar.

Ketua Umum KOMPATIR Dr. T. Riza Zarzani, SH, MH, diketika ditanya wartawan di sela-sela rapat kerja pengurus Kompatir baru-baru ini tentang kinerja Plt. Direksi saat ini mengatakan : “ saya mengamati dan melihat ada perubahan yang sangat signifikan dalam pelayanan kepada pelanggan air Perumda Tirtanadi, ini berkat solidnya pegawai-pegawai yang mendukung program kerja dari majemen Perumda Tirtanadi yang dipimpin Trio Plt ini, dan tidak kalah pentingnya Dewan Pengawas juga sangat mendukung program mewujudkan pelayanan prima kepada pelanggan air Perumda Tirtanadi “ ujarnya.

Lebih lanjut Riza Zarzani yang didampingi sekretaris Kompatir Harist Lubis, SE. mengatakan, progress ini harus terus dipertahankan, diharapkan IPAM Johor 400 l/det dan IPAM Brayan 500 l/det bisa beroperasi secepatnya sehingga masalah air bisa teratasi, dan kami yang juga sebagai pelanggan air siap mendukung program-program mewujudkan pelayanan prima dari manajemen Perumda Tirtanadi. (HL)

Berita Terkait