AdaBerita24.com, Medan. •Sucurity PT Lingkar Persada yang mengerjakan proyek Pengerjaan Fisik Sarana dan Prasarana Pendukung Stadion Teladan Medan milik Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman Cipta Karya dan Tata Ruang Pemko Medan mengusir dan mengajak wartawan duel di lokasi proyek di seputaran Stadion Teladan. Pasalnya kehadiran sejumlah wartawan di lokasi proyek itu untuk melihat langsung dan mengkonfirmasi sudah sejauh mana proyek itu dilaksanakan, sehubungan dengan banyak pertanyaan masyarakat tentang isu mangkraknya proyek bernilai Rp. 132 Milyar itu.
Ketika sejumlah wartawan tersebut mau memasuki lokasi proyek pada Selasa, (30/07/2024) security tersebut menghadang dan dengan nada arogan security tersebut mengusir para wartawan. “Pergi, pergi sana, ngak ada konfirmasi-konfirmasi,” katanya ketika seorang wartawan memperkenalkan diri dan bertanya kepada siapa harus mengkonfirmasi kondisi proyek itu.

Salah seorang wartawan mengatakan: “Kami datang dengan sopan dan bertanya kepadanya, kepada siapa kami konfirmasi tentang pembangunan proyek ini. Lalu security itu menjawab tidak sopan, katanya tak ada dan pergi sana sambil membanting pintu,” ujar Saprin Purba dan wartawan lainnya kepada media di lokasi itu.
Mendapat perlakuan tidak simpati itu, para wartawan itu lalu nongkrong di sebuah warung es kelapa muda yang berada persis di depan proyek. Tiba-tiba security PT Lingkar Persada itu mendatangi para wartawan yang sedang berdiskusi itu. Saat itu security tersebut didampingi seorang yang kemudian diketahui bernama Hery yang mengaku sebagai pengawas proyek itu. Lalu security tersebut menarik lengan salah seorang wartawan yaitu Saprin Purba lalu mengajaknya berkelahi seakan mau memukul sambil membentak dan memaki. “Ayok main kita,” katanya.
Untungnya Hery berhasil menyuruh security tersebut masuk ke lokasi proyek dan Hery berupaya berkomunikasi dengan para wartawan dan berjanji akan menegur security tersebut.
Atas kejadian itu Ketua DPW IMO-Indonesia Sumatera Utara menyesalkan kejadian tersebut. Pemimpin Redaksi media online penasumut.online mencoba mengkonfirmasi pengawas proyek yang bernama Riko melalui telepon selularnya. Riko mengaku dirinya pengawas keamanan di proyek tersebut. Menurutnya, dia tidak menguasai persoalan proyek, kalau untuk menanyakan hal proyek, silahkan saja bertanya ke Dinas PUPR Kota Medan. “Kalau soal proyek saya tidak paham Pak, tanyakan saja langsung ke Dinas PUPR Kota Medan. Saya hanya pengawas soal keamanan saja,” katanya.
Menurut Nuar Erde tindakan security tersebut sudah menyalah. “Ya tadi ada petugas kemananan mengusir, memaki dan mau memukul wartawan, itu bagaimana, siapa namanya dan apa tindakan dari pihak proyek. Itu kan tidak benar. Wartawan datang baik-baik dan sopan, mau mkonfirmasi, eh malah dikasari,” sambung Nuar Erde. “Iya Pak, untuk petugas keamananan itu tadi akan kami nasehati,” ujarnya via handphone.

Pada papan plank nama proyek tercantum bahwa proyek Pengerjaan Fisik Sarana Dan Prasarana Pendukung Stadion Teladan Medan milik Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman Cipta Karya dan Tata Ruang Pemko Medan yang dikerjakan PT Lingkar Persada, memiliki waktu pelaksanaan 270 hari kelender sejak tanggal kontrak 1 Fepbruari 2024 sampai dengan 27 Oktober 2024. Akan tetapi ketika dilihat di lapangan progres pembangunan dengan jumlah waktu yang sudah mencapai 5 bulan seakan tidak siap dan hal itulah yang mau dikonfirmasi para wartawan. (Tim)

Berita Terkait