AdaBerita24.com, Medan. ~Suasana riuh penuh kebersamaan menyelimuti Lapangan Benteng Medan pada Minggu, 14 Juli 2024, saat Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Utara I (Kanwil DJP Sumut I) menggelar acara “Spectaxcular 2024”. Acara yang bertepatan dengan Hari Pajak ini berhasil menarik perhatian masyarakat umum kota Medan yang antusias berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan.
Spectaxcular 2024 tidak hanya menjadi ajang perayaan, tetapi juga momen penting untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya kepatuhan perpajakan. Dalam suasana penuh keakraban, berbagai kegiatan menarik disuguhkan untuk semua kalangan. Dimulai dengan Kampanye Simpatik Perpajakan yang memberikan informasi tentang pelaporan SPT Tahunan dan pemadanan NIK-NPWP, acara ini juga menyediakan layanan konsultasi perpajakan bagi warga yang membutuhkan bantuan dan informasi lebih lanjut.
Olahraga senam bersama menjadi salah satu kegiatan yang menyatukan semangat kebersamaan. Diiringi musik yang enerjik, peserta dari berbagai usia mengikuti gerakan senam dengan penuh semangat. Selain itu, bazar UMKM binaan Kanwil DJP Sumut I dan UMKM binaan Kodim 0201 Medan menambah semarak acara dengan beragam produk lokal yang menarik dan berkualitas.
Tidak ketinggalan, pembagian doorprize kepada masyarakat yang hadir menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu. Keceriaan tampak di wajah para peserta yang beruntung mendapatkan hadiah menarik.
Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat (Kabid P2Humas) Lusi Yuliani juga menyampaikan informasi terkait Hari Pajak, pemadanan NIK-NPWP, serta himbauan untuk melaporkan SPT Tahunan. “Pada tanggal 14 Juli 1945, untuk pertama kalinya pajak dibahas dalam sidang BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia), yang menandai awal pentingnya pajak dalam membiayai pembangunan negara kita. Hari ini, dalam peringatan Hari Pajak 2024, kami mengajak seluruh masyarakat untuk berkontribusi aktif menunaikan kewajiban perpajakannya, serta melakukan pemadanan NIK menjadi NPWP untuk mendukung Single Identity Number (SIN) di Indonesia,” ujar Lusi Yuliani.
Menyambung sambutannya, Lusi menyampaikan bahwa pemadanan NIK dengan NPWP akan mempermudah wajib pajak untuk mengakses layanan perpajakan dan layanan publik lainnya.
Pj. Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni dalam testimoninya menyampaikan pesan yang menginspirasi terkait kepatuhan perpajakan. “Dengan pajak, kita kumpulkan uang untuk membangun, dan dengannya pembangunan akan berjalan. Peningkatan kesejahteraan masyarakat serta pembangunan di Sumatera Utara dan bangsa Indonesia secara keseluruhan bisa terwujud,” kata Agus Fatoni, mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama berkontribusi dalam membangun negeri.
Kegiatan Spectaxcular 2024 ini dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Pajak Tahun 2024 dengan konsep kampanye simpatik perpajakan. Tujuannya adalah untuk mengajak masyarakat menunaikan kewajiban pelaporan SPT dan melakukan pemadanan NIK-NPWP. Dengan semangat kebersamaan dan edukasi, Spectaxcular 2024 berhasil menciptakan momen yang berkesan dan bermanfaat bagi seluruh peserta. (Fajar Trihatya)

Berita Terkait