AdaBerita24.com, Jakarta. •Perusahaan perkebunan milik negara yang kini tergabung ke dalam Sub Holding PTPN IV PalmCo kembali menyelenggarakan pasar murah. Program yang rutin dilaksanakan setiap Ramadhan dan menjelang perayaan Idul Fitri tersebut merupakan bentuk komitmen dan konsistensi BUMN dan perusahaan dalam mendukung program pemerintah dalam mengendalikan inflasi serta memperkuat ketahanan pangan.

Direktur Kelembagaan PTPN IV PalmCo Irwan Perangin-Angin di Jakarta, Rabu (3/4/2024) mengatakan pada tahun ini, program pasar murah PTPN yang dilangsungkan dalam tajuk Safari Ramadan BUMN 2024 ini dilaksanakan secara serentak di berbagai kota di Indonesia.

“Program pasar murah ini merupakan program rutin PTPN IV PalmCo. Ini bentuk komitmen dan konsistensi Pak Erick Thohir dan BUMN yang ada di bawahnya guna mengambil bagian dalam upaya menjaga ketahanan pangan masyarakat jelang lebaran. Alhamdulillah, tahun ini program pasar murah dapat dilaksanakan serentak di lima regional mulai dari Sumatra hingga Kalimantan,” kata Irwan.

Ia menjelaskan pasar murah dalam program Safari Ramadan BUMN 2024 ini, PTPN mengalokasikan sedikitnya 35 ton sembako yang terbagi ke dalam 5.000 paket. Tiap paket yang dikemas berisikan 5 kilogram beras premium, satu kilogram minyak, dan satu kilogram gula dan siap disalurkan ke masyarakat dengan harga 50 persen jauh lebih murah dibandingkan dengan harga pasaran.

“Setiap paket sembako kami subsidi 50 persen, sehingga masyarakat dapat memperoleh sembako tersebut setengah harga dari harga pasaran dengan tiap paketnya dilepas Rp75.000, sementara harga pasarannya mencapai Rp150.000,” ujarnya.

Lebih jauh, Irwan menjelaskan program pasar murah sebagian besarnya dilaksanakan di areal sekitar perusahaan dengan menyasar masyarakat kecil yang membutuhkan. Untuk memastikan efektifitas penyaluran, perusahaan terlebih dahulu bekerjasama dengan perangkat desa setempat dalam penetapan penerima kupon manfaat program pasar murah tersebut. Dengan begitu, lanjutnya, tujuan utama program ini dalam membantu menjaga ketahanan pangan dan daya beli masayarakat dapat terwujud.

Yakub (40) perwakilan masyarakat dari Kelurahan Babura Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan mengaku senang dengan adanya pasar murah PalmCo Regional 1 yang disinergikan dengan Safari Ramadan BUMN 2024. Ia mengatakan sangat terbantu dengan program sembako murah terutama di tengah ketidakstabilan harga bahan pokok menjelang lebaran tahun ini.

“Alhamdulillah kami masyarakat sangat terbantu dengan program ini yang membantu kami masyarakat kecil menghadapi situasi menjelang lebaran tahun 2024 ini. Semoga tahun depan makin banyak dan makin murah,” harapnya.

Ahmad Gusmar Harahap, Region Head PalmCo Regional 1 menghimbau kepada masyarakat agar membeli sembako murah yang telah disediakan oleh PalmCo Regional 1 sebanyak 1000 paket dengan total nilai Rp148.500,- yang dijual dengan harga Rp75.000,- yang disebar di sekitar kantor unit PalmCo Regional 1.  Harapan yang sama ditujukan juga kepada seluruh karyawan region head ikut berpartisipasi dengan cara membeli jajanan makanan takjil yang ada di stand bazar UMKM, katanya pada hari rabu, 1 April 2024 di halaman kantor PalmCo Regional 1 Jalan Sei Batanghari No. 2 Medan pada pukul 17.30 WIB.
(Rl/Sj)

Berita Terkait